My first Barbie Cake

Author: Unknown // Category:

Hari ini cukup melelahkan, tapi senang bisa ketemu dengan banyak teman-teman baru khususnya selebriti NCC.... heheheh. Ya 23 Feb 2013 NCC mengadakan acara HMFF dan juga rekor MURI untuk Doll Cake. Peserta MURI ada 100 orang, hebat kan :) dan ini adalah rekor pertama untuk pembuatan doll cake terbanyak dan tertinggi dengan rangkaian doll cake 6 meter. 

Aku lah salah satu pesertanya. Bermodal nekat dan ingin belajar menghias dengan fondant, akhirnya memberanikan diri untuk ikut lomba ini. PD aja, secara ini adalah pertama kalinya aku memegang fondant dan menghias doll cake (walaupun hanya dummy cake). 

Tidak ada pengalaman, aku hanya mempersiapkan diri dengan banyak belajar dari you tube, ataupun tutorial online lainnya bagaimana cara mengolah fondant ini. Hanya melihat tutorial saja & tidak mempraktekkan sendiri (hihiii... nekat ga tuh :p). Kalau di lihat, cara mengolah fondant ini sangat gampang. Hanya diuleni beberapa saat, kemudian di gilas dengan rolling pin dengan bentuk yang kita inginkan. 

Olala.. ternyata oh ternyata, pada saat lomba ini barbieku rada ga mulus karena banyak retakan di beberapa tempat. Nyaliku rada ciut juga nih, kok ketika fondant ini akan dipindahkan ke cakenya jadi retak semua padahal pada saat menggilas hasilnya mulus banget. Sempat panik, mengingat waktu yang terus berjalan. Berusaha untuk tetap tenang, akhirnya aku paksakan fondant yang retak ini untuk melapis si barbie. Untuk menutupi bagian-bagian yang kurang sempurna, aku berikan beberapa hiasan supaya terlihat agak cantik (belum PD nih). O iya untuk teknik pewarnaan fondant ini aku memakai cara tie dye.  

Ada yang lupa diceritakan nih, sekalian narsis sekalipun belum dimuat. Heheheh.. dengan teknik tie dye ini, aku diwawancara oleh majalah baker lho :D. Karena aku satu-satunya peserta yang menggunakan teknik ini. Lumayan lah kalo beneran dimuat di majalah (xixiix.. ngarep.com).

Setelah lomba, aku tanya ke beberapa teman mengapa fondantku retak pada saat akan dipakai, ternyata aku kurang lama menguleni adonan fondant ini. Hmmm... sepertinya sih memang begitu, karena tadi aku menguleninya hanya sebentar. Satu pelajaran aku dapatkan lagi hari ini. 

Sekalipun belum berhasil dengan sempurna, aku tetap bangga dengan hasil karyaku ini. Karena ini adalah karya pertama yang langsung di catat sebagai rekor MURI. Karya berikutnya pasti akan lebih baik donk, karena kita sudah tahu bagaimana teknik dan cara memperlakukan si fondant ini :)

Temans, jangan takut untuk mencoba ya sekalipun kita belum pernah melakukannya. PD aja!!






Cheese Cake

Author: Unknown // Category:

Ini adalah salah satu varian dari Cheese Cake. Rasanya ngeju banget lho dan lembut.
Cheese Cake bisa dikategorikan menjadi 2 yaitu Baked Cheese Cake dan Unbaked Cheese Cake. Foto ini termasuk baked cheese cake dan varian baked cheese cake juga masih banyak, ada blueberry cheese cake, strawberry cheese cake, oreo cheese cake, dll. 

Nantikan varian cheese cake kami selanjutnya yaa.... Jangan lupa juga untuk di pesan :)

Rainbow Roll

Author: Unknown // Category:

Variasi dari Rainbow Cake ya Rainbow Roll. Warna warninya menarik mata dan hati untuk memakannya. It's look yummy....

Kue Kacang

Author: Unknown // Category:

Kue klasik lainnya yang wajib ada di setiap Hari Raya adalah Kue Kacang (Peanut Butter Cookies). Kacang membuat kue ini menjadi wangi dan gurih ketika kita memakannya. Penasaran dengan rasanya? Langsung aja di order yaa... :)

Sagu Keju

Author: Unknown // Category:

Masih ingin makan kue yang berasa keju? Kue yang satu ini bisa dijadikan pilihan lho. Sagu Keju, campuran sagu, keju dan bahan-bahan lainnya menciptakan rasa gurih di kue ini. Sekali masuk mulut, langsung nyess... gurih dan lembutnya rasa kue bikin maknyuss....

Kastengels

Author: Unknown // Category:

Variasi kue kering lainnya adalah Kastengels. Kue keju dengan campuran keju edam dan keju cheddar ini membuat rasanya gurih dan garing. Sekali makan pasti ketagihan :)

Nastar Butter

Author: Unknown // Category:

Bagi yang tidak suka dengan aroma keju, kami juga menyediakan Nastar yang biasa. Eiitss tapi soal rasa Nastar ini juga tidak kalah enaknya dengan Nastar Keju. Tetap memakai butter sebagai komposisi bahannya, membuat kue kering ini lembut dan lumer di mulut. 

Nastar Keju

Author: Unknown // Category:

Kue wajib yang harus ada saat hari raya. Yuk sajikan Nastar Wisman Keju untuk tamu-tamu anda. Dengan komposisi mentega wysman dan keju edam plus keju cheddar membuat rasanya maknyuss.... ;)

Black Forest Roll

Author: Unknown // Category:


Cara lain untuk menikmati Black Forest... ya digulung saja. Rasanya sama enaknya lho. Bisa di order dengan black cherry atau tanpa black cherry. Bisa pakai rum atau tanpa rum juga. So tentukan sendiri rasanya yang pas dan sesuai dengan lidahmu :)

Lidah Kucing Keju

Author: Unknown // Category:

Ini adalah varian baru kue kering dari Lekker's KueKu. Dengan campuran mentega wysman dan keju cheddar membuat rasanya lumer di mulut. Yuk di order :)

Roti Sobek Coklat Keju

Author: Unknown // Category:

Iseng dengan postingan roti ini daannn ternyataaa membuat heboh banyak orang... hehehhe. Senangnya bisa membuatkan mereka roti ini ini juga. Tunggu roti-roti kami lainnya yaa... ;)

Puding Almond

Author: Unknown // Category: ,

Puding ini dibuat untuk makanan anak-anak di Posyandu. Ayo Ibu rajin ke Posyandu agar balita anda sehat.
Terima kasih atas pesanannya ya :)

Danish Coffee Cake

Author: Unknown // Category:

Danish coffee cake aku pilih untuk ikutan online event di NCC (Natural Cooking Club). Ini adalah event online pertama yang aku ikutin sejak baru gabung di NCC. Nama event ini NCCBW (NCC Bread Week).  Banyak resep-resep roti enak bersliweran di sini. Untuk yang pingin tahu lebih banyak tentang per rotian dan variasinya bisa klik ikon gambar roti NCCBW di blogku.

Yuk langsung di simak aja resepnya .....

DANISH COFFEE CAKE
Sumber : Buku Primarasa

Bahan : 
1 btr telur
90 ml air hangat
1 sdt ragi instant
225 gr tepung terigu (saya pakai merek segitiga)
1/2 sdt garam
1 sdm gula pasir
50 gr mentega / margarin
1 sdt kayu manis bubuk
75 gr mentega / margarin, untuk olesan adonan
tepung terigu untuk taburan

Isi:
75 gr gula pasir 
1 btr telur
1 sdt esens almond (saya skip)
200 gr kacang mete sangrai, cincang halus

Olesan :  campur hingga rata
1 kuning telur
1 - 2 sdm susu cair / air

Cara Membuat : 
1. Kocok telur dan air dengan pengaduk kawat hingga berbuih. Masukkan ragi instan, aduk rata. Simpan dalam lembari est kurang lebih 15 menit. Campur terigu, garam, gula pasir, mentega/margarin dan kayu manis bubuk dengan pengaduk pastry/ ujung jari hingga berbutir halus. 

2. Masukkan campuran telur, uleni hingga adonan kalis (kurleb 2 menit). Bulatkan, tutup dengan lap lembap/ plastik, simpan dalam lemari es kurleb 20 menit. Bagi mentega olesan jadi 2. 

3. Gilas adonan hingga ukuran 20x30x0.5 cm, olesi 2/3 bagian adonan dengan 1 bagian mentega. Lipat 1/3 bagian adonan yang tidak dioles ke tengah, tutup dengan 1/3 bagian adonan yang dioles mentega. Simpan di lemari es kurleb 30 menit, tutup dengan plastik.

4. Hadapkan ujung lipatan ke badan anda. Gilas adonan hingga berbentuk persegi 20x30x0.5 cm. Lakukan lagi seperti langkah 3 (olesi 1 bagian mentega). Taburi tipis-tipis dengan terigu, tutup plastik, diamkan 20 menit di dalam lemari es. Selanjutnya gilas seperti langkah 3 (tanpa olesan mentega) hingga 3-4 kali lagi. 

5. Isi : aduk gula pasir dan telur dengan garpu hingga rata. Masukkan esens almond dan kacang mete cincang, aduk rata. Panaskan oven pada suhu 200 derajat celsius. 

6. Taruh adonan di atas meja bertabur tepung, gilas hingga setebal 1/2 cm, ukuran 45x24 cm. Olesi adonan isi, lalu gulung menurut sisi yang panjang sambil dipadatkan. 

7. Olesi kedua ujungnya dengan air, lalu rekatkan. Alasi loyang dengan kertas roti, olesi margarin, taburi terigu. Taruh gulungan adonan dalam loyang, potong-potong hingga 2/3 tebal adonan, masing-masing berjarak 2 1/2 cm. 
 

8. Putar setiap potongan menghadap ke atas. Tutup dengan lap lembap, diamkan kurleb 25 menit agar mengembang. Olesi bahan olesan. Panggang hingga matang dan kecoklatan (kurleb 40 menit), angkat dan dinginkan. 


 


Opera Cake with edible image

Author: Unknown // Category:

Kue ini kejutan untuk 2 keponakanku yang berultah selisih 1 hari (5 & 6 Feb). Idola-idola mereka nongol di kue ini. Mereka senang sekali dan terkejut dengan gambar yang ada di kue. Bahkan untuk memotong kuenya juga sayang... hheheheh...

Senangnya bisa memberi kejutan ini :)

Red Velvet Cake

Author: Unknown // Category:

Rainbow Cake

Author: Unknown // Category: