Danish coffee cake

Author: ita singadji // Category:





Danish coffee cake aku pilih untuk ikutan online event di NCC (Natural Cooking Club). Ini adalah event online pertama yang aku ikutin sejak baru gabung di NCC. Nama event ini NCCBW (NCC Bread Week).  Banyak resep-resep roti enak bersliweran di sini. Untuk yang pingin tahu lebih banyak tentang per rotian dan variasinya bisa klik ikon gambar roti NCCBW di blogku.

Yuk langsung di simak aja resepnya .....

DANISH COFFEE CAKE
Sumber : Buku Primarasa

Bahan : 
1 btr telur
90 ml air hangat
1 sdt ragi instant
225 gr tepung terigu (saya pakai merek segitiga)
1/2 sdt garam
1 sdm gula pasir
50 gr mentega / margarin
1 sdt kayu manis bubuk
75 gr mentega / margarin, untuk olesan adonan
tepung terigu untuk taburan

Isi:
75 gr gula pasir 
1 btr telur
1 sdt esens almond (saya skip)
200 gr kacang mete sangrai, cincang halus

Olesan :  campur hingga rata
1 kuning telur
1 - 2 sdm susu cair / air

Cara Membuat : 
1. Kocok telur dan air dengan pengaduk kawat hingga berbuih. Masukkan ragi instan, aduk rata. Simpan dalam lembari est kurang lebih 15 menit. Campur terigu, garam, gula pasir, mentega/margarin dan kayu manis bubuk dengan pengaduk pastry/ ujung jari hingga berbutir halus. 

2. Masukkan campuran telur, uleni hingga adonan kalis (kurleb 2 menit). Bulatkan, tutup dengan lap lembap/ plastik, simpan dalam lemari es kurleb 20 menit. Bagi mentega olesan jadi 2. 

3. Gilas adonan hingga ukuran 20x30x0.5 cm, olesi 2/3 bagian adonan dengan 1 bagian mentega. Lipat 1/3 bagian adonan yang tidak dioles ke tengah, tutup dengan 1/3 bagian adonan yang dioles mentega. Simpan di lemari es kurleb 30 menit, tutup dengan plastik.

4. Hadapkan ujung lipatan ke badan anda. Gilas adonan hingga berbentuk persegi 20x30x0.5 cm. Lakukan lagi seperti langkah 3 (olesi 1 bagian mentega). Taburi tipis-tipis dengan terigu, tutup plastik, diamkan 20 menit di dalam lemari es. Selanjutnya gilas seperti langkah 3 (tanpa olesan mentega) hingga 3-4 kali lagi. 

5. Isi : aduk gula pasir dan telur dengan garpu hingga rata. Masukkan esens almond dan kacang mete cincang, aduk rata. Panaskan oven pada suhu 200 derajat celsius. 

6. Taruh adonan di atas meja bertabur tepung, gilas hingga setebal 1/2 cm, ukuran 45x24 cm. Olesi adonan isi, lalu gulung menurut sisi yang panjang sambil dipadatkan. 

7. Olesi kedua ujungnya dengan air, lalu rekatkan. Alasi loyang dengan kertas roti, olesi margarin, taburi terigu. Taruh gulungan adonan dalam loyang, potong-potong hingga 2/3 tebal adonan, masing-masing berjarak 2 1/2 cm. 
 

8. Putar setiap potongan menghadap ke atas. Tutup dengan lap lembap, diamkan kurleb 25 menit agar mengembang. Olesi bahan olesan. Panggang hingga matang dan kecoklatan (kurleb 40 menit), angkat dan dinginkan. 

0 Responses to "Danish coffee cake"

Poskan Komentar